Rabu, 29 November 2017


. Prasasti Yupa
Peninggalan Kerajaan KutaiPrasasti Yupa merupakan salah satu dari peninggalan Kerajaan Kutai tertua dan benda ini menjadi bukti sejarah dari Kerajaan Hindu di Kalimantan tersebut. Ada 7 prasasti Yuoa yang masih bisa dilihat hingga kini. Yupa merupakan tiang batu yang dipakai untuk mengikat kurban hewan ataupun manusia yang dipersembahkan pada para Dewa dan pada tiang batu tersebut terdapat tulisan yang dipahat. Tulisan-tulisan tersebut ditulis memakai bahasa sansekerta atau huruf Pallawa. Namun dari ketujuh Prasasti Yupa tersebut tidak ada yang disertai dengan tahun pembuatannya sehingga tidak diketahui dengan pasti tanggal pembuatan prasasti tersebut.
Prasasti Yupa berisi tentang kehidupan politik. Pada prasasti pertama menceritakan tentang raja pertama Kerajaan Kutai yakni Kudungga yang merupakan nama asli Indonesia dan memperlihatkan jika ia bukan pendiri dari keluarga kerajaan. Pada Yupa juga tertulis jika di masa pemerintahan Asmawarman, di Kerajaan Kutai mengadakan upacara Aswamedha dan ini adalah upacara pelepasan kuda sebagai penentu batas wilayah Kerajaan Kutai. Kudungga memiliki seorang putra terkenal bernama Aswawarman dan ia mempunyai 3 orang putra terkenal persis seperti tiga api suci.
Dari ketiga putranya tersebut, Mulawarman menjadi anak yang paling terkenal karena sangat tegas, kuat sekaligus sabar dan mahar untuk raja dipersembahkan kurban Bahu Suwarnakam. Di masa pemerintahan Raja Mulawarman, Kerajaan Kutai mencapai masa keemasan dan sesudah pemerintahannya, tidak diketahui lagi siapa saja raja yang memerintah karena sumber sejarah yang sangat terbatas. Mulawarman diabadikan dalam salah satu Yupa sebab rasa dermawan yang dimilikinya sangat tinggi dengan mempersembahkan 20 ribu ekor sapi pada kaum Brahman dan ia dikatakan sebagai cucu dari Kudungga atau anak Aswawarman yang keduanya juga dipengaruhi oleh budaya India.
Sementara isi Prasasti Yupa mengenai kehidupan sosial diketahui jika abad ke-4 Masehi, di Kerajaan Kutai masyarakat Indonesia sudah banyak menganut agama Hindu sehingga pola pengaturan kerajaan juga sudah sangat teratur seperti pemerintahan kerajaan di India. Ini memperlihatkan jika kehidupan sosial pada masa Kerajaan Kutai sudah berkembang mengikuti jaman dan masyarakat Indonesia juga sudah mulai menerima unsur dari india kemudian dikembangkan menyesuaikan dengan tradisi yang ada di Indonesia. Saat Raja Mulawarman memberikan hadiah berupa seribu ekor lembu dan juga 1 batang pohon kelapa pada Sang Brahmana yang berbentuk seperti api pada tempat pengorbanan di tempat yang sudah diberkati yakni Vaprakeswara karena budi baiknya tersebut maka tiang upacara peringatan dibuat oleh para pendeta yang berkumpul disitu.
Isi Prasasti Yupa mengenai aspek kehidupan berbudaya di kebudayaan masyarakat Kutai sangat erat dengan agama yang mereka anut dan prasasti Yupa tersebut merupakan hasil budaya dari masyarakat Kutai, tugu batu tersebut adalah warisan budaya nenek moyang bangsa Indonesia pada jaman Meghalitikum yakni kebudayaan Menhir. Pada salah satu Prasasti Yupa disebutkan tempat suci dengan Vaprakecvara yang merupakan lapangan berukuran luas sebagai tempat pemujaan dewa Siwa dan memperlihatkan jika agama Hindu yang dianut adalah Hindu Siwa. Ini semakin diperkuat karena pengaruh besar dari Kerajaan Pallawa yang juga beragam Siwa serta peran penting Brahmana di Kerajaan Kutai juga sangat besar seperti peranan Brahmana pada agama Siwa.
Bukti lain yang memperlihatkan kejayaan Kerajaan Kutai dari segi ekonomi adalah tertulis di dalam salah satu Yupa, jika Raja Mulawarman sudah sering menggelar upacara korban emas yang sangat banyak dan juga terlihat dari munculnya golongan terdidik. Golongan terdidik ini terdiri dari kesatria dan juga brahmana yang diprediksi sudah melakukan perjalanan jauh sampai ke India dan juga beberapa tempat penyebaran agama Hindu di kawasan Asia Tenggara. Kaum ini mendapatkan kedudukan serta perilaku yang terhomat pada sistem pemerintahan Kerajaan Kutai.
Sedangkan isi Yupa yang menceritakan tentang kehidupan agama menjelaskan jika Kerajaan Kutai, agam Hindu sangat berkembang khususnya pada masa pemerintahan Raja Asmawarman. Perkembangan agama Hindu di Kerajaan Kutai ditandai dengan tempat suci bernama Waprakeswara yang merupakan tempat suci untuk menyembah Dewa Syiwa. Walau agama Hindu adalah agam resmi dari Kerajaan Kutai, namun hanya berkembang di wilayah istana saja, sementara masyarakat Kutai masih memakai kebudayaan asli mereka dan menganut kepercayaan Kaharingan.
Kaharingan merupakan kepercayaan yang dianut masyarakat asli Dayak yaitu menyembah Ranying Hatalla Langit yang sudah menciptakan alam semesat dan penganut Kaharingan juga menggelar upacara pembakaran mayat seperti Ngaben dalam agama Hindau sehingga pada tanggal 20 April 1980, Kaharingan masuk ke dalam bagian agama Hindu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar